KD. 7 TEKNIK ZOOM DAN PANNING

1. Zoom
       Zoom adalah mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposure. Otomatis untuk penggunaan shutter speed-nya harus rendah dan kebanyakan menggunakan lensa tele (zoom). Pada saat memotret atau tombol shutter ditekan, titik fokus lensa diubah dengan menarik lensa zoom ke dalam atau ke arah luar (untuk jenis zoom yang ditarik).
       Cara melakukan teknik zoom :
  • Fokuskan objek tepat ditengah, kemudian di zoom sampai full dekat
  • Sambil memencet tombol shoot putar gelang zom ke zoom out atau menjauh
  • Untuk lebih aman terhadap lensa pilihan manual focus
  • gunakan speed sedikit lebih rendah misal 1/10s dan diafragma menyesuaikan
  • sebaiknya menggunakan tripod untuk menjaga fokus agar maksimal
  • untuk memperoleh kesan zooming yang menarik, pilih background yang memiliki kontras dan banyak warna.
2. Panning
       Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan benda yang bergerak. Ide dibalik teknik panning ini adalah untuk mengatasi masalah dalam menangkap objek yang bergerak cepat. Ciri-ciri foto dengan menggunakan teknik panning adalah fokus dengan tajam terhadap objek yang bergerak sedangkan background nya blur atau kabur.

          Cara melakukan teknik melakukan teknik panning :
  • Pilih Shutter Speed yang lebih rendah dari yang Anda sering gunakan. Mulai dengan 1/30sec kemudian coba-coba dengan Shutter Speed yang lebih rendah. Shutter Speed yang digunakan tergantung pada jumlah cahaya dan kecepatan objek, gunakan 1/60sec hingga 1/8sec.
  • Posisikan diri Anda di tempat dimana pandangan Anda terhadap objek tidak akan terhalang leh siapapun, atau apapun. Juga mempertimbangkan latar belakang objek Anda, meskipun akan blur namun jangan sampai mengganggu terhadap objek Anda. Background yang berwarna atau cenderung menghasilkan blur yang bagus.
  • Jika Anda menggunakan lensa yang panjang, gunakan tripod atau monopod dengan head yangbisa berputar agar pergerakan kamera mulus dalam mengikuti objek.
  • Jika Anda menggunakan kamera dengan auto focus motor Servo Anda dapat membiarkan kmera melakukan focus mengikuti pergerakan objek dengan menekan setengah tombol Shutter.
  • Jika kamera Anda tidak memiliki auto focus yang cukup cepat Anda harus melakukan pra-fokus pada kmera Anda di tempat dimana Anda akan menekan tombol Shutter.
  • Ikuti pergerakan objek sambil menekan setengah tombol Shutter untuk mengambil focus pada objek, jika pergerakan tangan Anda sudah relative sama dengan objek maka tekan penuh tombol Shutter (lakukan selembut mungkin untuk mengurangi guncangan kamera).
  • Setelah Anda menekan tombol Shutter terus ikuti arah pergerakan objek sampai proses pengambilan gambar selesai.
  • Terakhir jangan lupa practice, practice and practice. Lakukan banyak latihan dalam mempraktekkan teknik Panning.


Sudut Pengambilan Gambar
         Dalam fotografi agar foto yang kita hasilkan memiliki nilai dan terkesan indah harus diperhatikan mengenai masalah penggunaan sudut pengambilan gambar yang bail. dalam fotografi dikenal 5 sudut pengambilan gambar yang mendasar, yaitu :
a. Bird Eye 
       Pengambilan gambar dilakukan dari atas dari ketinggian tertentu sehingga memperlihatkan lingkungan yang sedemikian luas dengan benda-benda lain yang tampak dibawah sedemikian kecil. Pengambilan gambar biasanya menggunakan helikopter maupun dari gedung-gedung tinggi.
b. High Angle
               Sudut pengambilan gambar tepat diatas objek, pengambilan gambar seperti ini memiliki arti yang dramatik yaitu kecil atau kerdil.

c. Low Angle

        Pengambilan gambar diambil dari bawah si objek, sudut pengambilan gambar ini merupakan kebalikan dari high angle. Kesan yang ditimbulkan dari sudut pandang ini yaitu keagungan atau kejayaan.
d. Eye Level

          Pengambilan gambar ini mengambil sudut sejajar dengan mata objek, tidak ada kesan dramatik tertentu yang didapat dari eye level ini, yang ada hanya memperlihatkan pandangan mata seseorang yang berdiri.

e. Frog Level
             Sudut pengambilan gambar ini diambil sejajar dengan permukaan tempat objek berdiri, seolah-olah memperlihatkan objek menjadi sangat besar.

Sumber :
  • http://tipsfotografi.net/teknik-zooming-dalam-fotografi.html
  • http://liansmudas.blogspot.co.id/2014/10/materi-komposisi-foto-digital-kelas-xi.html
  • http://masroh19.blogspot.co.id/2013/02/sudut-pandang-pengambilan-gambar.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
27 December 2021 at 07:44 delete

Having been a freelance photographer for over six years, I have been fortunate enough to be involved with some very varied and influential clients. They have chosen me to represent their companies image and ideals because my work is always about ensuring a progressive aesthetic to any given campaign, with my results always standing out for the right reasons. View more of my work on my website: Tips Photography

Reply
avatar