Teknik Animasi 3D

Soal!
     1. Kelebihan dan Kekurangan software Blender dan 3D Max!
     2. Langkah-langkah membuat meja kursi dengan Blender dan 3D Max!
     3. Aplikasi 3D lainnya!
     4. Film kartun sopo jarwo, Si Etong, Somad. Dilihat dari sumber apanya dan menggunakan software 3D          apa?

Jawab!
      Kelebihan dan kekurangan software Blender dan 3D Max!

     Blender 3D
     Kelebihan Blender 3D
  • Tidak membutuhkan ruang kapasitas yang banyak
  • Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
  • Tidak berat saat melakukan render
  • Dan mudah untuk digunakan
  • Sculpting mudah tanpa 3rd party
     Kelemahan Blender 3D :
  • Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
  • Tampilan cukup berantakan
  • semua proses dilakukan dengan manual
  • GUI yang tidak ramah
  • Tidak ada plugin-plugin
  • Tidak ada biped
     3D Max
     Kelebihan 3D Max :

  • Hasil yang dihasilkan dengan 3D Max lebih bagus dari pada aplikasi lainnya
  • Dapat menambahkan fitur efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, kabut dll
  • Dapat menjalankan proses animasi sesuai dengan keinginan pengguna
  • Tools yang dimiliki banyak dan support oleh banyak program lainnya
     Kekurangan 3D Max :
  • Untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan
  • Kamera yang terdapat di 3D Max sulit untuk di atur.
      Langkah-langkah membuat meja kursi dengan Blender !

     1. Buka aplikasi blender terlebih dahulu. Tampilan awal apabila Blender di buka seperti gambar berikut.

     2.  Lalu abaikan dengan mengklik area kerja blender.
    3. Setelah masuk pada bidang kerja blender. Maka tampilan dasar akan berupa bentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan yang akan diolah nanti nya menjadi sebuah objek meja dsb.

     4. Seleksi pada object kubus tersebut. Dengan cara (klik kanan mouse) arahkan pada kubus. Lalu atur searah sumbu X/Y/Z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu) maka nanti akan dilihat perbedaannya. Apakah itu melebar kesamping, meninggi keatas, memanjang dsb
     5. Disini kita membuat meja pada bidang bagian atas menjadi pipih dan panjang(sesuai selera) dengan menggunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan object pada meja tersebut. Sperti gambar berikut bila digambarkan.

     6. Lalu kita masuk ke menu Edit mode seperti gambar berikut. Maka otomatis object pada bidang pipih tersebut akan di blok secara menyeluruh.

     7. Lalu kita buat garis untuk memdahkan dalam perotongan pembuatan kaki-kaki pada meja nantinya. Dengan membuat garis searah dengan sumbu Z, lalu menekan CTRL+R ditambah dengan menggunakan Scroll pada mouse unutk member perotongan sesuai jumlah yang kita inginkan. Setelah selesai ketik enter pada keyboard.

     8.  Lalu kita buat lagi searah sumbu Y seperti gambar diatas bisa dilihat perpotongaannya.
     9. Langkah berikutnya kita beri penanda (titik) dengan mode faceselect seperti gambar berikut jadinya.

     10. Setelah di beri faceselect (CTRL-TAB) yang berfungsi untuk memudahkan dalam bagian penarikan kaki-kakinya.
     11. Lalu kita arahkan ke bawah bagian object yang akan kita select bidang-bidangnya. Dengan mengklik dan tahan tobol scroll oada mouse dan arahkan ke bawah object untuk memudahkan select. Bila menggunakan keyboard desktop bisa menggunakan NUMPAD untuk arah kameranya.
     12. Lalu kita select bagian bagian yang nantinya akan dimuat sebagai kaki-kaki meja. Dengan seleksi tiap sudut object menggunakan perintah Shift + Klik kanan mouse maka akan tampil seperti gambar diatas.
     13. Setelah sudut bagian bawah terseleksi. Sekarang kita akan menarik bagian yang terseleksi menjadi kaki-kai meja dengan menekan huruf E pada keyboard. Lalu arahkan tarik dan sesuaikan tingginya sesuai keinginan.

     14. Lalu kembali ke pada Object mode yang tadinya adalah facemode. Dengan menekan tombol TAB pada keyboard
     15. Bisa dihias atau ditambahkan seperti pemisah antara kaki-kai meja seperti gambar berikut atau tambah laci dsb

     16. Langkah berikutnya kita akan membuat kursi. Sama seperti cara membuat meja menggunakan pembagian dan faceselect untuk mempermudah
     17. Kita add terlebih dahulu kubus baru untuk pembentukan sebuah kursi.

     18. Setelah di add à pilih Mesh àCube maka terdapat kubus baru. Setelah itu kita bentuk pipih terlebih dahulu tetapi tidak terlalu panjang. Sesuai dengan keinginan.
     19. Buatlah alas bangku pipih seperti berikuti ini.

     20. Buatlah seleksi dibagian sisi pojok masing-masing bidak datar tersebut sebagai kaki-kakinya dan penyangga kursi kea rah atas.

     21. Buatlah seleksi dibagian sisi pojok masing-masing bidak datar tersebut sebagai kaki-kakinya dan penyangga kursi kea rah atas.
1.           

    22. Lakukan langkah seperti sebelumnya yaiut menseleksi dan menarik bidak menggunakan E di keyboard dan tarik. Seperti gambar dibawah ini

     23. Dan letakkan kursi persis mendekati meja. Bila menggeser objek menggunakan klik kanan pada mouse dan sesuaikan peletakkan. Bila memutar terdapat gobal mode tanda panah berwarna biru sesuaikan arah.
     

     Langkah-langkah membuat  kursi dengan 3D Max !
     
     1. Pertama buka program Autodesk 3ds Max 2010 (atau versi lainnya)
   2. Dan buatlah sebuah box dengan parameter : Height 4, Length 25, Width 25, naikkan 2 segment pertama menjadi 3

     3. Lalu buka tab Modify, dan klik kanan nama box, pilih Editable Mesh
     4. Setelah itu, aktifkan tampilan Top view, dan klik tombol Resize dan tombol Ver
     5. Dan lakukan seleksi seperti berikut:

     6. Dan tarik sampai melebar
     7.  Lakukan lagi seleksi pada vertex yang horizontal:

          sehingga menjadi seperti :


     8.  Setelah itu, pada top view, putar tampilan ke bottom view, disini kita akan membuat kaki kursi
    9. Klik Polygon pada editable mesh, lalu seleksi 4 sudut yang sudah kita buat, dan pilih extrude, drag hingga terbentuk kaki kursi
     10.  Setelah jadi, putar tampilan kembali ke top view, disini kita akan membuat sandaran kursi
    11. Klik Polygon pada editable mesh, lalu seleksi 2 sudut belakang kursi, lalu extrude sebanyak 3 kali sebanyak 5 point dan  satu kali sebanyak 10 point
     12. Kembali kearea perspective, seleksi 2 polygon ditangkai kursi seperti:

           dan Extrude secara manual sampai membentuk kursi

     13. Nah, sekarang kursinya sudah jadi, sekarang silakan tambahkan material dengan Material Editor dan beberapa light untuk membuat kursi lebih nyata.
     14. Berikut hasil render
     Aplikasi 3D lainnya!

     ·         Autodesk Maya
      Maya adalah sebuah perangkat lunak keluaran Autodesk. Sangat baik digunakan untuk kamu berkreasi dan permodelan. Maya juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunanya. Tentunya banyak orang yang memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya itu. Bagaimana tidak, dengan menambahkan beberapa tulang dan menggunakan teknik rigging, Maya dapat membuat karakter yang kita buat bergerak. Psst, software ini laris loh di kalangan animator hollywood.
     ·         Cinema 4D
      Ini adalah software yang dianjurkan untuk pemula. Karena Cinema tidak serumit 3Ds max dan Maya, serta tidak membutuhkan spesifikasi komputer tinggi. Namun, hasil yang diperoleh tetap sama baik seperti software 3D lainnya.
     ·         Posser
   Adalah perangkat lunak 3D yang digunakan hanya untuk modeling karakter manusia. Hasil yang ditampilkan sangat bagus dan lebih realistis dari yang lainnya. Sangat mudah juga untuk digunakan.
     ·         Zbrush
     Adalah software yang hanya digunakan untuk modeling 3D, texturing, dan pahat. Sangat bagus digunakan untuk membuat monster atau karakter-karakter hasil imajinasi kamu. Kamu juga dapat mengekspor model 3D dari software lainnya untuk memberikan tulang dengan teknik rigging dan menggerakannya.
     ·         Autodesk Mudbox
     Software yang satu ini mempunyai kegunaan yang sama seperti Zbrush hanya saja lebih sulit untuk digunakan. Tapi kualitas yang dihasilkan sangat bagus. Biasanya digunakan untuk permodelan karakter 3D tingkat tinggi.
      ·         Autodesk Mudbox
   Software yang satu ini mempunyai kegunaan yang sama seperti Zbrush hanya saja lebih sulit untuk digunakan. Tapi kualitas yang dihasilkan sangat bagus. Biasanya digunakan untuk permodelan karakter 3D tingkat tinggi.

Aplikasi Pembuatan :
1.      Sopo Jarwo : Blender
2.      Kabayan : Me Gegas
3.      Si Entong : Blender

4.      Keluarga somad :  -




Share this

Related Posts

First